CATATAN BUNPOU II
BAB 30
1. Kata kerja bentuk て あります (Ada maksud dan tujuan)
Kata benda1 ni k.benda2 ga K.Kerja bentuk te arimasu
Rei :
机の 上に メモ が 置いて あります。
Di atas meja terletak memo
Penjelasan : diletakan memo di atas meja untuk dilihat atau dibaca.
Catt : harus menggunakan kata kerja transitif
Bedanya dengan te imasu adalah kalau te imasu hanya menyatakan kondisi dan
Dan keadaan. Sedangkan te arimasu seperti yg dijelaskan diatas ada maksud dan
Tujuannya.
2. Kata kerja bentuk て おきます ( menunjukan dilakukannya suatu perbuatan untuk persiapan )
Rei :
映画 を 見る まえに、切手 を 買って おきます。
Sebelum menonton film, saya akan membeli tiket terlebih dahulu.
BAB 31
1. Bentuk maksud
Kata kerja 1 : kata kerja pada suku kata sebelum masu diganti dengan o lalu ditambahkan
u. rei : あそびます (bermain) -> あそぼう ( mari bermain )
kata kerja 2 : ganti kata masu menjadi よう .
Rei : 食べます(makan) -> 食べよう
(mari makan)
Kata kerja 3 : 来ます -> 来よう, します -> しよう
Catt : bentuk maksud ini sama seperti “ましょう”
2. Kata kerja bentuk maksud と おもっています。(bermaksud)
Rei :
今から 日本へ 行こう と おもって います。
Sekarang saya bermaksud pergi ke jepang.
3. ~ つもりです(Bermaksud akan )
Rei :
大学 を 出たら、日本の 会社で はたらく つもりです。
Setelah selesai kuliah, saya bermaksud akan bekerja di perusahaan jepang.
Catt : untuk berniat, keputusannya sudah bulat tidak dapat diubah.
4. K.KERJA BENTUK KAMUS よてい です (rencana)
K.BENDA の
Catt : digunakan untuk diagendakan atau dijadwalkan,sudah diputuskan. Misalnya seperti
jadwal tiket, jadwal film bioskop dan jadwal kereta api.
BAB 32
1. Kata kerja bentuk た ほうが いいです ( sebaiknya)
Kata kerja ない
Rei :
薬を 飲んだ ほうが いいです。
Sebaiknya minum obat.
Catt : digunakan untuk menyatakan anjuran atau nasehat.
2. K. Kerja
K. Sifat i bentuk biasa でしょう (mungkin)
K. Sifat na
K. Benda ( da)
Catt : kemungkinannya besar
3. K. Kerja
K. Sifat i bentuk biasaかも しれません ( mungkin)
K. Sifat na
K. Benda ( da)
Catt : tingkat kepastiannya lebih rendah dari pada ~ でしょう.
Bab 33
1. Bentuk perintah dan larangan
Kata kerja I : ganti suku kata sebelum masu dengan e. Rei : ikimasu -> ike
Kata kerja II : ganti masu dengan ro. Rei : tabemasu -> tabero
Kata kerja III : きます -> こい、します -> しろ
2. Bentuk larangan dengan menambahkan na pada bentuk kamus.
Rei : tatena : jangan berdiri
3. ~ nan to yomimasu ( ...... dibaca apa )
Rei : あの 漢字は 何と 読むんですか。
( kanji itu di baca apa )
4. ~ nan to kaite arimasuka ( tertulis apa )
Rei : asoko ni nan to kaite arundesu ka ?
(disana tertulis apa ? )
5. ~ dou iu imi desu ka ( artinya apa )
Rei : この マークは どう いう意味 ですか。
( tanda ini artinya apa )
6. と 言う意味 です (artinya)
Rei : mizu de araeru to iu imi desu
Artinya mencuci menggunakan air
7. Bentuk biasa と 言って いました。( berkata)
Rei : 道子さん 明日 休むと 言って いました.
Michiko berkata bahwa dia besok libur
Catt : langsung mendengarnya dari orangnya lalu kita sampaikan kepada orang lain.
To iimashita : mangasi tahu
To itte imashita : ada pesannya
8. Bentuk biasa と つたえて いただけませんか。
Rei : 田中さんに あした 学校へ 行けないと ついて いただけませんか。
Dapatkan anda menyampaikan kepada saudara tanaka besok saya tidak bisa
pergi ke sekolah ?
Catt : digunakan pada saat memohon untuk menyampaikan pesan secara sopan.
Bab 34
K.Kerja 1 benuk kamus
K.Kerja 1 bentuk ta toorini, K.Kerja 2 (Sesuai)
K.Benda no
Rei : 私は 言う とおりに 書いて ください
Tulislah sesuai apa yang saya ucapkan.
k.benda no toorini, k.kerja
rei : やじるしの とおりに 行って ください。
Pergilah sesuai dengan tanda panah.
K.kerja 1 bentuk ta Atode, K.Kerja 2 ( setelah)
k. benda no
rei : 勉強 が おわったあとで、寝ます
setelah selesai belajar tidur.
Catt : pola kalimat ini sama seperti te kara, pola kalimat ini juga kerjaannya sudah pasti.
K.Kerja 1 Bentuk te K.kerja 2 (dengan)
Rei :傘を 持って 出かけます
Pergi keluar dengan membawa payung
K.Kerja 1 Bentuk nai de K.kerja 2 (tanpa)
Rei : 傘を 持たない 出かけます
Pergi keluar tanpa membawa payung
K.Kerja1 nai de, K.kerja 2 (dan)
Rei : 日曜日 どこも 行かないで、うちに います。
Di rumah dan hari minggu saya tidak pergi kemana-mana.
Bab 35
Bentuk Persyaratan
K.Kerja 1 : ganti suku kata masu dengn e + ba
K.Kerja2 : hilangkan masu + reba
K.Kerja3 : kimasu = kureba, shimasu = sureba
K.Sifat i : ganti i dengan kereba
K.Sifat na : ganti na dengan nara
K.Benda : tambahkan nara
Catt : perbedaan dengan to,tara,eba
To : untuk kenyataan bukan keinginan
tara : pengandain yang ada maksudnya, biasanya belakangnya omoimasu, tsumori.
eba : boleh kenyataan, persyaratan tidak boleh keinginan dan perintah kecuali kalau ada iru,aru, kata sifat, boleh pakai bentuk keinginan.
K.tanya K.kerja bentuk persyaratan ii desuka.
rei : hon wo kaitan desuga, dou sureba iidesuka ?
saya ingin membeli buku, sebaiknya bagaimana ?
catt : digunakan untuk menanyakan nasehat, cara yang hrs dilakukan.
K.Kerja
K.Sifat i Bentuk persyaratan
K.Kerja na
Yang ingin mengetahui tentang kanji dan belajar kanji silahkan download file ini http://www.scribd.com/doc/155721162/Belajar-Kanji
itu karya aku dan teman-temanku waktu tugas dari kampus. semoga bermanfaat :)
BAB 30
1. Kata kerja bentuk て あります (Ada maksud dan tujuan)
Kata benda1 ni k.benda2 ga K.Kerja bentuk te arimasu
Rei :
机の 上に メモ が 置いて あります。
Di atas meja terletak memo
Penjelasan : diletakan memo di atas meja untuk dilihat atau dibaca.
Catt : harus menggunakan kata kerja transitif
Bedanya dengan te imasu adalah kalau te imasu hanya menyatakan kondisi dan
Dan keadaan. Sedangkan te arimasu seperti yg dijelaskan diatas ada maksud dan
Tujuannya.
2. Kata kerja bentuk て おきます ( menunjukan dilakukannya suatu perbuatan untuk persiapan )
Rei :
映画 を 見る まえに、切手 を 買って おきます。
Sebelum menonton film, saya akan membeli tiket terlebih dahulu.
BAB 31
1. Bentuk maksud
Kata kerja 1 : kata kerja pada suku kata sebelum masu diganti dengan o lalu ditambahkan
u. rei : あそびます (bermain) -> あそぼう ( mari bermain )
kata kerja 2 : ganti kata masu menjadi よう .
Rei : 食べます(makan) -> 食べよう
(mari makan)
Kata kerja 3 : 来ます -> 来よう, します -> しよう
Catt : bentuk maksud ini sama seperti “ましょう”
2. Kata kerja bentuk maksud と おもっています。(bermaksud)
Rei :
今から 日本へ 行こう と おもって います。
Sekarang saya bermaksud pergi ke jepang.
3. ~ つもりです(Bermaksud akan )
Rei :
大学 を 出たら、日本の 会社で はたらく つもりです。
Setelah selesai kuliah, saya bermaksud akan bekerja di perusahaan jepang.
Catt : untuk berniat, keputusannya sudah bulat tidak dapat diubah.
4. K.KERJA BENTUK KAMUS よてい です (rencana)
K.BENDA の
Catt : digunakan untuk diagendakan atau dijadwalkan,sudah diputuskan. Misalnya seperti
jadwal tiket, jadwal film bioskop dan jadwal kereta api.
BAB 32
1. Kata kerja bentuk た ほうが いいです ( sebaiknya)
Kata kerja ない
Rei :
薬を 飲んだ ほうが いいです。
Sebaiknya minum obat.
Catt : digunakan untuk menyatakan anjuran atau nasehat.
2. K. Kerja
K. Sifat i bentuk biasa でしょう (mungkin)
K. Sifat na
K. Benda ( da)
Catt : kemungkinannya besar
3. K. Kerja
K. Sifat i bentuk biasaかも しれません ( mungkin)
K. Sifat na
K. Benda ( da)
Catt : tingkat kepastiannya lebih rendah dari pada ~ でしょう.
Bab 33
1. Bentuk perintah dan larangan
Kata kerja I : ganti suku kata sebelum masu dengan e. Rei : ikimasu -> ike
Kata kerja II : ganti masu dengan ro. Rei : tabemasu -> tabero
Kata kerja III : きます -> こい、します -> しろ
2. Bentuk larangan dengan menambahkan na pada bentuk kamus.
Rei : tatena : jangan berdiri
3. ~ nan to yomimasu ( ...... dibaca apa )
Rei : あの 漢字は 何と 読むんですか。
( kanji itu di baca apa )
4. ~ nan to kaite arimasuka ( tertulis apa )
Rei : asoko ni nan to kaite arundesu ka ?
(disana tertulis apa ? )
5. ~ dou iu imi desu ka ( artinya apa )
Rei : この マークは どう いう意味 ですか。
( tanda ini artinya apa )
6. と 言う意味 です (artinya)
Rei : mizu de araeru to iu imi desu
Artinya mencuci menggunakan air
7. Bentuk biasa と 言って いました。( berkata)
Rei : 道子さん 明日 休むと 言って いました.
Michiko berkata bahwa dia besok libur
Catt : langsung mendengarnya dari orangnya lalu kita sampaikan kepada orang lain.
To iimashita : mangasi tahu
To itte imashita : ada pesannya
8. Bentuk biasa と つたえて いただけませんか。
Rei : 田中さんに あした 学校へ 行けないと ついて いただけませんか。
Dapatkan anda menyampaikan kepada saudara tanaka besok saya tidak bisa
pergi ke sekolah ?
Catt : digunakan pada saat memohon untuk menyampaikan pesan secara sopan.
Bab 34
K.Kerja 1 benuk kamus
K.Kerja 1 bentuk ta toorini, K.Kerja 2 (Sesuai)
K.Benda no
Rei : 私は 言う とおりに 書いて ください
Tulislah sesuai apa yang saya ucapkan.
k.benda no toorini, k.kerja
rei : やじるしの とおりに 行って ください。
Pergilah sesuai dengan tanda panah.
K.kerja 1 bentuk ta Atode, K.Kerja 2 ( setelah)
k. benda no
rei : 勉強 が おわったあとで、寝ます
setelah selesai belajar tidur.
Catt : pola kalimat ini sama seperti te kara, pola kalimat ini juga kerjaannya sudah pasti.
K.Kerja 1 Bentuk te K.kerja 2 (dengan)
Rei :傘を 持って 出かけます
Pergi keluar dengan membawa payung
K.Kerja 1 Bentuk nai de K.kerja 2 (tanpa)
Rei : 傘を 持たない 出かけます
Pergi keluar tanpa membawa payung
K.Kerja1 nai de, K.kerja 2 (dan)
Rei : 日曜日 どこも 行かないで、うちに います。
Di rumah dan hari minggu saya tidak pergi kemana-mana.
Bab 35
Bentuk Persyaratan
K.Kerja 1 : ganti suku kata masu dengn e + ba
K.Kerja2 : hilangkan masu + reba
K.Kerja3 : kimasu = kureba, shimasu = sureba
K.Sifat i : ganti i dengan kereba
K.Sifat na : ganti na dengan nara
K.Benda : tambahkan nara
Catt : perbedaan dengan to,tara,eba
To : untuk kenyataan bukan keinginan
tara : pengandain yang ada maksudnya, biasanya belakangnya omoimasu, tsumori.
eba : boleh kenyataan, persyaratan tidak boleh keinginan dan perintah kecuali kalau ada iru,aru, kata sifat, boleh pakai bentuk keinginan.
K.tanya K.kerja bentuk persyaratan ii desuka.
rei : hon wo kaitan desuga, dou sureba iidesuka ?
saya ingin membeli buku, sebaiknya bagaimana ?
catt : digunakan untuk menanyakan nasehat, cara yang hrs dilakukan.
K.Kerja
K.Sifat i Bentuk persyaratan
K.Kerja na
Yang ingin mengetahui tentang kanji dan belajar kanji silahkan download file ini http://www.scribd.com/doc/155721162/Belajar-Kanji
itu karya aku dan teman-temanku waktu tugas dari kampus. semoga bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar